Bell AH-1 Cobra
AH-1 HueyCobra / Cobra | |
Sebuah Bell AH-1G HueyCobra | |
Peran | |
Produsen | |
Pertama penerbangan | 7 September 1965 |
Pengantar | 1967 |
Status | Aktif layanan |
Primer pengguna | |
Diproduksi | 1967-sekarang |
Jumlah dibangun | 1,116 |
Satuan biaya | US $ 11,3 juta (1995) (AH-1 HueyCobra) |
Dikembangkan dari | |
Varian |
Bell AH-1 Cobra (perusahaan penunjukan: Model 209) adalah dua-berbilah, mesin tunggal helikopter serangan yang diproduksi oleh Bell Helicopter . Ini saham yang umum mesin , transmisi dan rotor sistem dengan yang lebih tua UH-1 Iroquois . AH-1 juga disebut sebagai HueyCobra atau Ular.
AH-1 adalah tulang punggung dari Angkatan Darat Amerika Serikat menyerang armada helikopter, tetapi telah digantikan oleh AH-64 Apache di Angkatan Darat layanan. Versi upgrade terus terbang dengan militer negara-negara lainnya. Para AH-1 versi bermesin ganda tetap dalam pelayanan dengan Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) sebagai serangan helikopter utama layanan. Surplus AH-1 helikopter telah dikonversi untuk memerangi kebakaran hutan. Para Amerika Serikat Dinas Kehutanan mengacu pada program mereka sebagai Cobra Firewatch. Helikopter Garlick juga mengubah kelebihan AH-1 untuk pemadam kebakaran hutan di bawah nama, FireSnake.
Pengembangan
Latar Belakang
Erat terkait dengan perkembangan Bell AH-1 adalah kisah Iroquois UH-1 Bell pendahulu-dari helikopter modern, ikon dari Perang Vietnam dan masih salah satu jenis helikopter paling banyak dalam pelayanan hari ini. UH-1 membuat teori udara kavaleri praktis, sebagai taktik baru yang disebut pasukan AS akan sangat mobile di seluruh area yang luas. Tidak seperti sebelumnya, mereka tidak akan berdiri dan pertarungan panjang pertempuran , dan mereka tidak akan tinggal dan memegang posisi. Sebaliknya, rencana itu bahwa pasukan yang dibawa oleh armada UH-1 Hueys akan berkisar di seluruh negeri, untuk memerangi musuh pada waktu dan tempat pilihan mereka sendiri.Segera menjadi jelas bahwa helikopter pasukan bersenjata rentan terhadap kebakaran tanah dari Viet Cong dan Vietnam Utara tentara, terutama karena mereka turun untuk menjatuhkan pasukan mereka di zona pendaratan. Tanpa dukungan dari pasukan artileri ramah atau tanah, satu-satunya cara untuk menenangkan zona pendaratan dari udara, sebaiknya dengan mesin yang erat bisa mengawal helikopter transportasi, dan mengembara di atas zona pendaratan saat pertempuran berlangsung. Pada tahun 1962 sejumlah kecil bersenjata UH-1As digunakan sebagai pendamping, dipersenjatai dengan senapan mesin dan gunung beberapa roket.
Ekspansi besar-besaran Amerika kehadiran militer di Vietnam membuka era baru perang dari udara. Pengikat dari taktik Angkatan Darat AS adalah helikopter, dan perlindungan dari orang-orang helikopter menjadi peran penting.
Sejarah Operasional
Bell AH-1G atas Vietnam
AH-1Q Cobra di Fort Hood, Texas
Amerika Serikat
Pada bulan Juni 1967, AH-1G pertama HueyCobras telah disampaikan. Awalnya ditunjuk sebagai UH-1H, "A" untuk penunjukan serangan segera diadopsi dan ketika UH-1D ditingkatkan menjadi UH-1H, yang HueyCobra menjadi AH-1G. AH-1 pada awalnya dianggap varian dari garis H-1, sehingga dalam surat seri G.AH-1 Kobra yang digunakan oleh Angkatan Darat selama ofensif Tet tahun 1968 dan melalui akhir Perang Vietnam . Kwik Kobra memberikan dukungan api untuk pasukan darat, helikopter transportasi dikawal dan peran lainnya, termasuk roket artileri udara (ARA) batalyon dalam dua divisi Airmobile. Mereka juga membentuk "pemburu pembunuh" tim dengan pasangan dengan OH-6A helikopter pramuka. Sebuah tim menampilkan satu OH-6 terbang lambat dan rendah untuk menemukan pasukan musuh. Jika OH-6 menarik api, Cobra bisa menyerang musuh kemudian mengungkapkan. Bell dibangun 1.116 AH-1Gs untuk Angkatan Darat AS antara 1967 dan 1973, dan Kobra meraup lebih dari satu juta jam operasional di Vietnam. Dari hampir 1.110 1s disampaikan AH-1967-1973 sekitar 300 hilang untuk memerangi dan kecelakaan selama perang. Korps Marinir Amerika Serikat digunakan AH-1G Kobra di Vietnam untuk waktu yang singkat sebelum mengambilnya kembar -mesin AH-1J Kobra .
AH-1 Kobra dikerahkan untuk Fury Operasi Mendesak , invasi Grenada pada tahun 1983, terbang dekat dukungan dan misi helikopter pendamping. Tentara Kobra berpartisipasi dalam invasi Amerika ke Panama pada tahun 1989, selama Operasi Just Cause .
Selama Operasi Desert Shield (1990) dan Operasi Desert Storm (Jan-Feb 1991), Kobra dan SeaCobras dikerahkan dalam peran dukungan. Para USMC dikerahkan 91 SeaCobras dan US Army 140 Kobra, umumnya dilengkapi dengan filter pasir mesin inlet dan beroperasi dari depan, situs tersebar di padang pasir. Tiga AH-1 yang hilang dalam kecelakaan selama pertempuran dan sesudahnya. Kobra menghancurkan ratusan kendaraan lapis baja Irak dan target lainnya dalam pertempuran, meskipun Angkatan Darat Cobra diturunkan untuk patroli dan peran pramuka.
Tentara Kobra memberikan dukungan untuk intervensi kemanusiaan AS selama Operasi Pemulihan Harapan di Somalia pada tahun 1993. Mereka juga digunakan selama invasi AS di Haiti pada tahun 1994. US Kobra juga digunakan dalam operasi sepanjang 1990-an.
Tentara AS bertahap AH-1 selama tahun 1990 dan pensiun AH-1 dari layanan aktif di bulan Maret 1999, menawarkan mereka untuk sekutu NATO. Tentara pensiun AH-1 dari cadangan pada bulan September 2001. Para pensiunan AH-1 telah berlalu ke negara-negara lain dan dengan USDA Forest Service . AH-1 Kobra terus dalam pelayanan dengan militer AS, oleh Korps Marinir AS, yang beroperasi bermesin ganda AH-1 SuperCobras .
Israel
Angkatan Udara Israel Tzefa helikopter
Para Angkatan Udara Israel bernama Kobra sebagai "Tzefa" (צפע), Ibrani untuk Viper . Sejak pertengahan 1970-an Libanon telah depan Israel paling aktif. Kemampuan yang unik helikopter Cobra dan senjata presisi telah membuat sempurna untuk teater Lebanon dan Kobra IAF telah menjadi fitur konstan berjuang selama lebih dari 20 tahun. Serangan pertama terjadi Cobra pada tanggal 9 Mei 1979, di dekat Tyre. Setelah menyeberangi perbatasan selama Mediterania pada waktu senja, dua AH-1s mencetak hits langsung dengan 2 rudal yang ditembakkan oleh helikopter masing-masing. Cobra helikopter tempur juga digunakan secara luas oleh Angkatan Udara Israel dalam Perang Libanon 1982 untuk menghancurkan Suriah armor dan fortifikasi. IAF Kobra menghancurkan puluhan Suriah kendaraan tempur lapis baja , termasuk banyak dari Soviet yang modern T-72 tank. Sebagai bagian dari pelayanan mereka di selatan Lebanon Kobra sangat aktif dalam operasi besar Israel terhadap Hezbullah dalam operasi " Akuntabilitas "dan" Grapes of Wrath ".
Pakistan
Pakistan dipasok dengan sekitar 20 tempur AH-1F pada tahun 1983, ini kemudian ditingkatkan dengan paket pencitraan C-NITE termal. Sebelum bahwa Iran telah menyumbangkan beberapa helikopter AH-1 ke Pakistan pada pertengahan 1970-an, mana Pakistan digunakan sebagai helikopter tempur utama melawan pemberontak selama konflik Balochistan . Para terakhir pemberontakan di daerah Waziristan Pakistan telah melihat AH-1 tempur di tindakan terhadap Taliban dan Al Qaeda pejuang serta sekutu suku mereka. Tempur Pakistan juga telah digunakan dalam operasi melawan pemberontakan suku di provinsi Balochistan , mendukung militer Pakistan terhadap baik bersenjata Bugti dan Marri suku di bawah akhir Nawab Akbar Bugti Khan dan Tentara Pembebasan Baluchistan , karena c. 2005.Pakistan telah beberapa AH-1F dan AH-1S helikopter Cobra serangan. Memelihara kelestarian pesawat ini sulit, tapi mungkin melalui saluran komersial. Selain itu, Pemerintah AS akan menggunakan $ 75 juta pada TA 2009 Counterinsurgency Dana Pakistan untuk memperbarui sebagian dari armada yang ada Cobra. Pakistan kemungkinan akan berusaha untuk menggantikan saat ini AH-1 Kobra saat AH-1Z menjadi tersedia untuk ekspor, mungkin pada tahun 2015.
US Forest Service
Pada tahun 2003, Dinas Kehutanan AS mengakuisisi 25 AH-1Fs pensiun dari US Army. Ini telah ditunjuk Bell 209 dan sedang dikonversi menjadi Kobra Firewatch dengan sensor cahaya inframerah dan rendah dan sistem untuk pemantauan kebakaran real time. Divisi Florida Kehutanan juga telah mengakuisisi 3 AH-1Ps dari US Army. Ini disebut Bell 209 "Firesnakes" dan dilengkapi untuk membawa sistem tahan air / api.Spesifikasi
AH-1G HueyCobra
Data dari Pesawat Militer modern, Verier, Pesawat Berjuang modern
Karakteristik umum - Crew: 2: satu pilot, satu co-pilot/gunner (CPG)
- Length: 53 ft (16,2 m) (dengan kedua rotor berputar)
- Rotor Diameter: 44 ft (13,4 m)
- Tinggi: 13 kaki 6 in (4.12 m)
- Berat kosong : £ 5.810 (2.630 kg)
- Max berat lepas landas : £ 9.500 (4.310 kg)
- Powerplant : 1 × Lycoming T53-L-13 turboshaft , 1.100 shp (820 kW)
- Rotor sistem: 2 pisau pada rotor utama, 2 pisau pada rotor ekor
- Panjang pesawat: 44 ft 5 in (13,5 m)
- Stub rentang sayap: 10 ft 4 in (3.15 m)
- Tidak pernah melebihi kecepatan : 190 knot (219 mph, 352 km / jam)
- Kecepatan maksimum : 149 knot (171 mph, 227 km / jam)
- Rentang : 310 NMI (357 mil, 574 km)
- Layanan plafon : 11.400 kaki (3.475 m)
- Tingkat panjat : 1.230 ft / menit (6.25 m / s)
- 2 × 7,62 mm (0,308 in) multi-barel Miniguns , atau 2 × M129 40 mm peluncur granat, atau satu dari masing-masing, di menara M28 . (Ketika salah satu dari masing-masing dipasang, minigun itu dipasang di sisi kanan turret, karena masalah makan.)
- 2,75 di (70 mm) roket - roket dipasang di 7 peluncur roket M158 atau 19 dalam peluncur M200
- M18 7,62 mm Minigun pod atau subsistem XM35 persenjataan dengan XM195 20 mm meriam
AH-1F "dimodernisasi" Cobra
Data dari Verier, Pesawat Berjuang modern
Karakteristik umum - Crew: 2: satu pilot, satu co-pilot/gunner (CPG)
- Length: 53 ft (16,1 m) (dengan kedua rotor berputar)
- Rotor Diameter: 44 ft (13,6 m)
- Tinggi: 13 kaki 6 in (4.12 m)
- Berat kosong : £ 6.600 (2.993 kg)
- Max berat lepas landas : 10.000 lb (4.500 kg)
- Powerplant : 1 × Lycoming T53-L-703 turboshaft , 1.800 shp (1.300 kW)
- Rotor sistem: 2 pisau pada rotor utama, 2 pisau pada rotor ekor
- Panjang pesawat: 44 ft 7 in (13,6 m)
- Stub rentang sayap: 10 ft 4 in (3.15 m)
- Tidak pernah melebihi kecepatan : 170 knot (196 mph, 315 km / jam)
- Kecepatan maksimum : 149 knot (172 mph, 277 km / jam)
- Rentang : 274 NMI (315 mil, 510 km)
- Layanan plafon : 12.200 kaki (3.720 m)
- Tingkat panjat : 1.620 ft / menit (8,2 m / s)
- General Dynamics 20 mm (0,787 in) M197 meriam gatling 3-berlaras
- Hydra 70 2.75 dalam (70 mm) roket - roket dipasang di 7 peluncur roket M260 atau 19 dalam peluncur M261 [39]
- Rudal TOW - 4 atau 8 rudal dipasang pada peluncur rudal dua pada setiap hardpoint
Tidak ada komentar:
Posting Komentar